Crownqq

Selasa, 30 Juni 2020

4 Menit Cara Membuat Kopi Tubruk Paling Enak

CrownQQ

CrownQQ - Ada berbagai macam cara membuat kopi. Kali ini kami akan mencoba yang paling mudah saja yaitu cara membuat kopi yang di seduh.

Seperti namanya, intinya hanya bagaimana membuat atau menyajikan kopi yang bertabrakan dengan kopi dan air secara langsung. Sederhana!

Kopi terendam (dengan metode pencelupan) dan siap minum. Tahap-tahapnya juga pendek.
Tidak rugi jika anda meluangkan waktu hanya 4 menit.
Akan tetapi, hasilnya adalah secangkir kopi nikmat dan terbaik!

BACA JUGA :  10 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Wajib Dikunjungi

Sekilas Tentang Kopi

Kopi tubruk adalah cara paling umum dan sederhana untuk membuat kopi. Di rumah, kopilah yang paling sering disajikan. Di kantor dan di tempat kerja juga sama.
Di desa, petani sering membawa kopi bubuk, air panas dan gula untuk membuat kopi di ladang.

Dalam acara-acara publik seperti pertemuan dan resital, kopi juga diseduh dan sering disajikan.
Di Indonesia, kopi yang diseduh sering diidentikkan dengan kopi hitam manis. Iya. Setelah dihancurkan, kopi seringkali langsung dicampur dengan gula dan air yang mendidih.

Tetapi di warung kopi (dan yang bagus) kopi yang diseduh disajikan tanpa gula. Ini untuk merasakan langsung karakter kopi yang kita minum. Satu hal lagi, demi kesehatan

Cara membuat kopi diseduh yang harus dipertimbangkan

Meskipun mungkin tampak mudah, pertimbangkan hal-hal berikut jika kita menginginkan kopi yang diseduh terbaik dan nikmat untuk di minum :

AIR

Dalam kopi yang diseduh, 90 persen isi cangkir kami adalah air. Maka peran air sangat penting! Pastikan air yang kita gunakan bersih dan pada suhu yang tepat.

Saya biasanya menggunakan air suling merek Amidis untuk menyeduh kopi. Ini rekomendasi teman-teman saya yang lebih pandai membuat kopi, hehehe. Kata mereka, air jenis ini bisa lebih berkarakter kopi.

Jika tidak, gunakan air mineral, atau air yang kita gunakan sehari-hari. Pastikan airnya segar. Hambar dan tidak berbau. [Catatan: terima kasih atas masukan teknis tentang jenis air yang digunakan. Tetapi untuk membuat resep kopi yang berlaku ini, saya membatasi air yang digunakan dalam Amidis dan air mineral yang paling banyak beredar].

Untuk kopi yang diseduh, air biasanya dipanaskan hingga sekitar 90 derajat Celcius. Jika Anda tidak memiliki termometer, rebus airnya dan biarkan mendidih selama 1,5-2 menit.

Kopi Yang Akan Diseduh

Bagian terpenting berikutnya jelas. Kita harus minum kopi!

Yang harus kami pastikan dan prioritaskan adalah kesegaran kopi.

Dalam hal ini, saya terus merekomendasikan biji kopi yang baru ditumbuk.

Yang lebih ideal lagi, biji kopi yang akan kita giling juga harus segar. Ia harus segar dari sang pemanggang (roasted). Jangan gunakan biji kopi panggang yang sudah mendekam selama lebih dari 2 bulan.

Karena itu, ada baiknya kita memiliki penggiling sendiri. Dengan cara ini, kopi yang diseduh yang kami produksi akan lebih segar, beraroma, dan menghasilkan karakter terbaiknya.


Yang Kedua, Perhatikan Ukuran Roller.

Untuk kopi yang diseduh, biasanya biji kopi ditumbuk halus (halus). Semakin kasar ukuran kopi bubuk, semakin sulit air untuk melarutkan jus.

Alat Seduh

Selanjutnya, pertimbangkan alat yang kami gunakan. Harus bersih!

Untuk kopi yang diseduh, alat yang digunakan sederhana. Ada pot untuk air mendidih, kendi untuk menuangkan air, sendok untuk mengaduk (jika perlu), serta server atau cangkir untuk wadah kopi yang runtuh.

Rasio Kopi dan Air

Perbandingan kopi dan air sangat penting.

Jika terlalu banyak air, seduhan akan berair. Jika dosis kopi terlalu banyak, itu bisa mengalahkan rasa dan karakter lainnya.

Prinsip yang biasa adalah 1/15. Satu bagian kopi untuk 15 bagian air.

Jika kita memiliki 20 gram kopi, maka kita menggunakan sekitar 300 ml air. Prinsip ini diyakini akan melepaskan rasa dan karakter kopi yang optimal.

Waktu Seduh

Pengaturan waktu adalah segalanya. Agar seduhan kita menghasilkan aroma dan rasa terbaik, dibutuhkan waktu seduh yang tepat.

Untuk metode tabrakan ini, waktu yang kita butuhkan adalah sekitar 4 menit.

Selain itu, pada awal pembuatan bir kita harus merendam kopi selama 30 detik. Ini kita lakukan untuk memanaskan bubuk kopi (pre-heating). Selain itu, kami juga melakukan ini untuk menghilangkan gas yang terkandung dalam kopi dan di antara mereka.

Pendeknya…
Kopi tubruk adalah kopi paling umum yang kita temui di Indonesia.

Selain cara membuatnya mudah, kopi tubruk adalah budaya sehari-hari masyarakat Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, metode membuat kopi ini paling sering dilakukan di rumah, di tempat kerja, hingga acara-acara publik.

Apakah Anda siap menyeduh kopi buatan Anda? Pusing membaca informasi di atas?

Singkatnya, cara membuat kopi yang diseduh dalam lima langkah adalah:

  1. Masak air hingga suhu 89-90 derajat Celcius. Jika Anda tidak memiliki termometer, rebus air hingga mendidih dan biarkan selama 1,5-2 menit.
  2. Siapkan kopi yang akan kita buat. Biasanya sekitar 13-14 gram untuk 200 ml air. Tidak punya skala? Mudah. Kira-kira dua sendok teh untuk satu gelas air.
  3. Tuang air ke dalam kopi. Biarkan 30 detik.
  4. Masukkan seluruh dosis air. Biarkan selama 4 menit.
  5. Kopi yang diseduh siap disajikan

Banyak cara dan detail lain untuk secangkir kopi diseduh. Punya resep? Jangan lupa untuk berbagi dengan kita semua! Agen BandarQ

CrownQQ

0 komentar:

Posting Komentar