Crownqq

Senin, 19 Oktober 2020

Berbagai Efek Samping Kopi yang Penting Diketahui

CrownQQ - Kopi merupakan salah satu minuman disukai banyak orang. Meski dianggap menyehatkan karena dapat meningkatkan mood dan metabolisme tubuh, ada beberapa efek samping kopi yang dapat merugikan kesehatan, sehingga perlu diwaspadai.

Kopi yang diminum secukupnya umumnya tidak menimbulkan efek samping, bahkan memiliki efek yang baik untuk tubuh. Seseorang dapat mengalami efek samping kopi, biasanya karena mengonsumsi kafein dalam dosis tinggi atau berlebihan. Agen BandarQ Terbaik

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

Memahami Efek Samping Kopi

Banyak penelitian dilakukan terhadap manfaat kopi. Salah satu yang diungkap dari penelitian tersebut adalah kopi dapat meningkatkan harapan hidup. Selain itu, manfaat kopi diketahui dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular, diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, sirosis, asam urat dan beberapa jenis kanker.

BACA JUGA :   5 Cara Ampuh Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Sebenarnya konsumsi kopi, baik kopi biasa maupun green coffee umumnya aman untuk orang dewasa dan tidak membahayakan kesehatan jangka panjang, apalagi jika kadar kafeinnya dalam jumlah sedang. Namun, konsumsi kafein dalam jumlah yang lebih besar yaitu sekitar 1000 mg atau sekitar 6 cangkir kopi per hari, dapat memicu timbulnya efek samping.

Secara umum, efek samping kopi yang sering terjadi antara lain:

  • Insomnia

Kafein dapat membantu Anda tetap terjaga. Namun, jumlah kafein yang berlebihan dapat membuat tubuh tidak bisa tidur nyenyak sehingga mengurangi waktu tidur. Hal ini tentunya akan memberi pengaruh yang kurang baik bagi kesehatan, dengan adanya penurunan kualitas maupun kuantitas tidur akibat insomnia.

  • Sering buang air kecil

Peningkatan buang air kecil adalah efek samping umum dari mengonsumsi kopi, karena sifat diuretik kafein, yang memberikan efek stimulasi pada kandung kemih. Anda mungkin telah memperhatikan bahwa Anda lebih sering buang air kecil ketika Anda minum lebih banyak kopi atau teh daripada biasanya.

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

  • Gelisah

Kafein dikenal dapat meningkatkan kewaspadaan, karena menghalangi efek adenosin, zat kimia otak yang membuat Anda merasa lelah. Namun, kafein dalam jumlah besar dapat menyebabkan Anda gelisah. Kegelisahan dan kecemasan yang disebabkan oleh terlalu banyak mengonsumsi kopi disebut kafeinisme.

Ada juga efek samping lain dari mengonsumsi terlalu banyak kafein, termasuk:

Nyeri ulu hati

Peningkatan produksi asam lambung

Gangguan pencernaan

Tekanan darah tinggi

Peningkatan denyut jantung

Peningkatan kadar gula darah

Kelelahan  

Selain dari itu, masalah serius lainnya ialah adiksi, atau kecanduan kafein. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengakui kafein sebagai zat adiktif. Meski tidak akan menimbulkan reaksi seperti ketergantungan obat, kafein tetap akan menimbulkan reaksi ketergantungan, baik secara psikologis maupun fisik. Dianjurkan agar Anda mengonsumsi kopi kafein tidak lebih dari 400 mg sehari. Domino99 Online Terbesar

Kondisi yang Sebaiknya Menghindari Kopi

Tidak semua orang aman mengonsumsi kopi. Sebagian orang sebaiknya membatasi bahkan menghindari kopi, misalnya penderita diabetes, diare, glaukoma, tekanan darah tinggi, osteoporosis, atau penyakit hati.

Pada wanita hamil, kopi dapat meningkatkan risiko keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah. Apalagi jika Anda minum lebih dari dua cangkir kopi per hari. Selain itu, anak-anak juga belum diperbolehkan mengonsumsi kopi.

Efek samping kopi dapat berkisar dari ringan hingga lebih parah. Jika Anda mengalami efek samping kopi yang terasa mengganggu, segera hentikan konsumsi kopi dan jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter. Agen BandarQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

0 komentar:

Posting Komentar