Crownqq

Selasa, 25 Agustus 2020

Tidak Perlu Khawatir! Inilah Penyebab & Cara Mengatasi Gusi Bengkak

CrownQQ

CrownQQ - Apakah Anda pernah mengalami gusi bengkak? Hal ini tentu akan sangat mengganggu, mulai dari saat makan bahkan hingga tidur. Oleh karena itu, agar Anda tidak direpotkan dengan masalah gusi bengkak, Anda perlu mengetahui hal-hal penting mengenai gusi bengkak, penyebab gusi bengkak dan cara mengatasinya.

Gusi atau gingiva adalah bagian tubuh yang terletak di mulut yang terdiri dari jaringan mukosa yang menutupi tulang alveolar di rongga mulut. Gusi berwarna merah jambu yang menandakan ada pembuluh darah di belakangnya.

BACA JUGA :  10 Cara Mengatasi Kulit Kering Secara Alami

Ciri-ciri Gusi yang Sehat

Pada dasarnya, gusi yang sehat berwarna merah muda, stabil, tidak goyang saat disentuh dan memiliki tekstur berbintik-bintik seperti kulit jeruk. Selain hal-hal ini, Anda mungkin mengalami masalah gusi. Sangat penting untuk diperhatikan bahwa jika gusi berwarna merah cerah, atau bahkan berdarah, maka peradangan sedang terjadi.

Penggolongan Masalah Pada Gusi

Penyakit atau gangguan gusi dapat digolongkan menjadi dua hal, yaitu gingivitis dan periodontitis. Gingivitis adalah masalah atau penyakit pada gusi pada tingkat yang ringan. Sedangkan periodontitis merupakan penyakit pada gusi yang sudah memasuki tingkatan yang lebih parah, biasanya disertai dengan kerusakan tulang di bawahnya.

Salah satu penyebab pada gusi yang sering dialami banyak orang adalah gusi bengkak. Masalah gusi bengkak ini sering kali diabaikan dan dianggap wajar, padahal jika dibiarkan, gusi bengkak bisa menjadi penyebab masalah lain pada gusi yang kemudian bisa menyebar ke gigi, bahkan mulut.

Penyebab Gusi Bengkak

Gusi bengkak biasanya ditandai dengan adanya bagian gusi yang membesar, menonjol dan menggembung. Kondisi ini bisa menjadi tanda awal peradangan gusi kronis. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kondisi ini, maka Anda perlu segera mengatasinya. Penyebab dari gusi bengkak sendiri biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Apa sajakah itu?

  • Sisa-sisa Makanan

Sisa makanan yang tidak dibersihkan dengan benar dan tertinggal di sela-sela gigi dan gusi akan mengundang kuman dan bakteri untuk masuk. Jika hal ini terus berlanjut, bakteri dan kuman akan terus menumpuk dan akan menyebabkan pembengkakan pada gusi.

  • Hormon

Gusi bengkak akibat pengaruh hormon sering terjadi pada wanita, terutama saat hamil. Perubahan kadar hormon karena kehamilan merupakan penyebab utamanya, dan biasanya kondisi ini hanya bersifat sementara.

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat ternyata bisa menyebabkan gusi bengkak. Anda perlu memperhatikan hal ini jika Anda telah menjaga kesehatan mulut Anda secara keseluruhan, tetapi gusi Anda terlihat bengkak. Obat-obatan untuk menurunkan tekanan darah adalah salah satu contohnya, karena menyebabkan pertumbuhan berlebih pada jaringan gusi, yang mengakibatkan pembengkakan.

  • Iritasi

Iritasi biasanya terjadi karena reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu yang terkandung pada makanan, minuman, pasta gigi atau produk-produk mulut lainnya yang digunakan. Reaksi alergi ini akan menyebabkan jaringan gusi menjadi merah dan kemudian membengkak..

  • Tumpukan Plak & Karang Gigi (Kalkulus)

Plak adalah penyebab paling umum dari pembengkakan pada gusi. Plak sendiri merupakan lapisan lunak yang tidak terlihat, dan melekat erat pada permukaan gigi yang dibentuk oleh bakteri di dalam mulut.. Plak dapat menjadi terlihat bisa Anda tidak rajin menjaga kesehatan mulut Anda yang akan menimbulkan zat berwarna kuning pada gigi. Sedangkan karang gigi adalah plak yang mengeras atau mengeras. Jika menumpuk dan tidak dibersihkan, bisa menyebabkan radang pada gusi.


  • Kurang Vitamin

Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan gusi Anda membengkak, karena vitamin ini membantu memperkuat jaringan ikat seperti gusi.

Cara Mengatasi Gusi Bengkak

Setelah mengetahui beberapa penyebab utama terjadinya pembengkakan pada gusi, maka Anda juga perlu memahami beberapa cara mengatasi gusi bengkak. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi gusi bengkak yang bisa Anda lakukan.

  • Kompres dengan Es atau Air Hangat

Jika gusi menjadi bengkak tanpa rasa sakit yang berdenyut-denyut, Anda bisa mengompres gusi dengan menggunakan es batu. Rasa dingin dari es batu akan membantu Anda untuk mengurangi pembengkakan pada gusi. Sedangkan jika gusi Anda bengkak disertai rasa sakit yang berdenyut-denyut, Anda bisa mengompres gusi dengan air hangat.

  • Kumur dengan Air Garam

Air garam diketahui membantu melawan peradangan dan mencegah pertumbuhan bakteri di mulut yang menyebabkan gusi menjadi bengkak. Larutkan garam pada air lalu gunakan air garam tersebut untuk berkumur.

  • Hindari Penyebab Iritasi

Jika Anda mengalami gusi bengkak, sangat disarankan agar Anda menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan iritasi, seperti minuman beralkohol atau merokok. Dengan menghindari hal-hal tersebut, Anda dapat mengurangi tingkat iritasi yang terjadi pada gusi yang akan membantu Anda mengatasi pembengkakan pada gusi.

Cara-cara di atas adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengatasi gusi bengkak. Akan tetapi, Anda juga perlu menunjang kesehatan mulut terutama gusi dengan upaya preventif agar gusi Anda selalu sehat. Apa saja itu?

Rajinlah menjaga kesehatan dan kebersihan mulut Anda secara keseluruhan. Caranya dengan rutin menggosok gigi minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur, selama kurang lebih 2 menit. menyikat yang baik dan benar,. Anda bisa menggunakan pasta gigi dari yang dapat membantu melindungi mulut dari penyakit gusi.

Selain itu, sangat penting juga bagi Anda untuk rutin mengunjungi dokter gigi minimal enam bulan sekali. Di pawang dokter gigi, Anda bisa melakukan prosedur penskalaan untuk membersihkan karang gigi.

Anda juga perlu menunjang kesehatan gigi dan gusi dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi melalui konsumsi makanan dan makanan yang bergizi.. Hal ini sangat penting, karena dengan terpenuhinya berbagai nutrisi penting dalam tubuh maka kesehatan mulut khususnya gigi dan gusi akan selalu sehat. Agen BandarQ

CrownQQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

0 komentar:

Posting Komentar