Crownqq

Selasa, 04 Agustus 2020

5 Perbedaan Kura-kura dan Penyu, Serupa tapi Tak Sama Lho

CrownQQ

CrownQQ - Sama-sama memiliki cangkang dan berkaki empat, membuat sebagian orang awam kerap salah menyebut antara hewan kura-kura dan penyu. Jika dilihat sekilas, kedua hewan ini memang tampak serupa. Tapi, sebetulnya mereka tak sama, lho.

BACA JUGA :  Olahraga Menyenangkan Yang Mudah Dilakukan dan Nggak Bikin Capek

Ada perbedaan mencolok antara keduanya, ada pula yang memang tak terlihat. Nah, jadi saya tidak ingin tahu tentang kura-kura dan kura-kura, berikut adalah lima perbedaan antara kedua spesies.
Simak, yuk!

  • Habitat kura-kura dan penyu


Coba tebak, di mana habitat kura-kura dan penyu? Ya, benar sekali. Kura-kura adalah binatang yang bisa hidup di darat dan air tawar. Saat bertelur, kura-kura akan memberi perlindungan kepada anak-anak mereka sekitar 80 hari setelah menetas.

Sedangkan penyu merupakan hewan yang sebagian besar hidupnya dihabiskan di dalam air laut. Ketika masa bertelur, penyu betina akan berenang ke darat. Namun, setelah selesai bertelur, mereka bakal langsung kembali ke laut dan meninggalkan calon anak-anak mereka.

  • Bentuk kaki


Perhatikan, deh, bentuk kaki kura-kura dan penyu. Terlihat sekali bedanya, bukan? Kura-kura memiliki kuku tajam pada keempat kakinya. Fungsinya, yaitu untuk memudahkannya berjalan saat berada di darat.

Sebaliknya, bentuk keempat kaki kura-kura lebih mirip sirip. Kaki tersebut menyesuaikan habitat penyu yang lebih sering berada di dalam air untuk membantunya berenang.

  • Bisakah kura-kura dan penyu menaruh kepala mereka di kulit kerang?


Jika Anda sering melihat kura-kura memasukkan kepalanya ke dalam cangkang keras, maka Anda tidak bisa melihatnya di kura-kura. Meski sama-sama memiliki cangkang, kura-kura tidak memiliki kemampuan ini.

Ini karena kulit kura-kura memiliki struktur seperti kubah dan lebih keras. Sedangkan tempurung penyu cenderung lebih datar sehingga menyulitkannya memasukkan kepala ke dalam tempurung.


  • Jenis makanan


Karena kura-kura dapat hidup di darat dan air tawar, jenis makanan mereka adalah sayuran, buah-buahan dan serangga. Sedangkan penyu adalah hewan laut yang memakan ikan-ikan kecil dan ubur-ubur.

  • Masa hidup


Dibandingkan penyu, penyu memiliki rentang hidup yang lebih panjang, yaitu antara 80 hingga lebih dari 150 tahun. Bahkan, kabarnya ada kura-kura tertua di dunia yang berusia 183 tahun. Sebaliknya, penyu diketahui hanya bisa bertahan hidup antara 60-70 tahun.

Nah, itulah lima perbedaan antara kura-kura dan kura-kura. Setelah baca ulasan ini, pastikan gak salah menyebut mereka lagi, ya. Agen BandarQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar


0 komentar:

Posting Komentar