Crownqq

Minggu, 02 Agustus 2020

Cara Diet Turun Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan

CrownQQ

CrownQQ - Sah-sah saja untuk mulai berdiet jika Anda mau punya berat badan ideal. Namun, Anda harus pintar-pintar membuat strateginya agar rencana diet sehat Anda berjalan dengan mulus tanpa hambatan. Alih-alih berat badan turun, angka di timbangan malah akan naik drastis jika salah strategi. Cara diet yang salah juga dapat membahayakan kesehatan tubuh Anda, lho! Lantas, bagaimana cara menurunkan berat badan yang sehat?

Diet bukan semata untuk menurunkan berat badan

Diet diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan dan membatasi jenis makanannya. Itu sebabnya banyak yang beranggapan bahwa diet hanya perlu dijalani dan dilakukan oleh orang-orang kegemukan yang ingin kurus. Padahal, pengertian diet yang seperti ini kurang tepat.

BACA JUGA :  Lakukan 7 Hal Ini Saat Kamu Sedih Menghadapi Perpisahan!

Diet dalam arti yang sebenarnya bukan semata bertujuan menurunkan berat badan saja. “Diet” adalah kata bantuan dari bahasa Inggris yang secara harfiah berarti “makanan yang biasa dimakan”. Kata “diet” berasal dari bahasa Yunani Kuno yang artinya “cara hidup”.

Dengan demikian, dapat kita diartikan nahwa makna asli dari diet adalah kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup. Jadi jika Anda sudah terbiasa makan makanan manis, bisa dibilang Anda sedang diet tinggi gula. Bagi Anda yang terbiasa makan banyak buah dan sayuran, Anda sedang diet tinggi serat.

Diet dalam arti murni juga dapat diartikan sebagai diet bergizi seimbang untuk mencapai berbagai tujuan, tergantung pada masing-masing individu. Ada diet yang menurunkan berat badan, menambah berat badan, menjaga kesehatan, memulihkan kesehatan setelah sakit, atau mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Melihat definisi diet yang begitu luas dan beragam, maka sekarang kita bisa meluruskan anggapan lama bahwa diet seharusnya hanya dijalani orang gemuk. Setiap orang dari semua lapisan masyarakat dan usia, pria, wanita, bayi, anak-anak, remaja, orang dewasa, hingga orang tua dapat melakukan diet. Hanya saja Anda perlu tahu cara makan makanan sehat.

Pola makan yang sehat dan seimbang membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi dengan baik, metabolisme tubuh akan menurun sehingga Anda jadi lebih gampang sakit dan mengalami perubahan berat badan secara drastis.

Aturan diet sehat agar turun berat badan

Jika tujuan utama Anda adalah menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai rencana diet. Tenang, diet untuk mengurangi berat badan tidak sesulit yang Anda bayangkan, sungguh!

Jika Anda menerapkan aturan sehat di bawah ini, tidak hanya berat badan ideal yang bisa Anda dapatkan. Dalam jangka panjang, diet sehat akan membantu Anda menghindari penyakit kronis.


  • Pilih makanan yang tepat


Jika Anda sudah terbiasa makan makanan berlemak, berminyak, asin, atau manis, Anda harus mulai perlahan-lahan beralih dari diet Anda ke yang lebih sehat. Iya! Memilih jenis makanan yang tepat memainkan peran penting untuk menjamin keberhasilan diet Anda.

Pilihan makanan yang dapat mendukung rencana diet sehat Anda termasuk buah-buahan dan sayuran segar, daging merah dan putih tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk susu dan susu rendah lemak, dan makanan kaya pati resisten.

Anda bisa melakukan diet sehat ini dengan menghindari makanan berlemak yang mengandung gula tinggi. Selain itu, hindari juga makanan kemasan dan makanan yang digoreng karena makanan seperti itu hanya akan menggagalkan diet sehat Anda.


  • Atur porsinya


Semua makanan masih dibutuhkan oleh tubuh, yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan porsinya dengan benar. Diet sehat tidak berarti Anda harus mengurangi porsi makanan Anda seminimal mungkin. Kuncinya adalah Anda harus makan sesuai dengan kebutuhan kalori Anda per hari.
Ingat, menjaga asupan kalori tetap penting agar semua fungsi tubuh bisa terus berjalan optimal.

Bagaimana cara menghitung kebutuhan kalori harian saat diet? Sebetulnya tidak ada aturan yang pasti mengenai perhitungannya. Total kebutuhan kalori setiap orang itu berbeda-beda. Tetapi jika Anda berencana untuk menurunkan berat badan, idealnya Anda hanya perlu mengurangi 500 kalori setiap hari.
Dengan pengurangan ini, Anda bisa kehilangan 0,5-1 kg berat badan per minggu.

Untuk menerapkan diet sehat, ingatlah selalu bahwa Anda harus memenuhi semua zat gizi yang diperlukan tubuh dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat (makanan pokok), lauk pauk protein (hewani atau nabati), lemak sehat, serat, dan vitamin dan mineral dari lauk nabati.
Jangan lupa selipkan satu mangkuk buah-buahan sebagai camilan di antara waktu makan.

Selalu perhatikan porsi makan Anda. Idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian. Seperempat untuk daging atau sumber protein, seperempat lagi untuk karbohidrat, dan dua perempat terakhir untuk sayuran berwarna hijau.
Ingat, hindari makanan berlemak yang berat atau makanan tinggi gula saat makan malam sehingga berat badan Anda tetap terkontrol dengan baik.


Secara lebih rinci Anda dapat menyesuaikannya dengan prinsip nutrisi seimbang, dengan merujuk pada gambar di atas. Kalau masih kesulitan, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut bersama ahli gizi terpercaya.

  • Buat jadwal makan teratur

Banyak orang berpikir bahwa diet akan membuahkan hasil lebih cepat jika kita melewatkan makan.
Ada yang memilih untuk tidak sarapan, tidak makan siang, atau tidak makan malam. Namun sebenarnya cara diet seperti ini salah.

Setiap waktu makan itu penting bagi Anda. Melewatkan makan sebenarnya akan membuat Anda mudah kelaparan, gula darah berfluktuasi secara dramatis, dan semakin banyak stres yang semuanya berkontribusi pada mengganggu rencana diet sehat Anda.

Tidak apa-apa untuk makan 3 kali sehari selama Anda memperhatikan aturan porsi di atas. Jika memang ingin mengurangi porsi makan, Anda bisa membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang hari dengan porsi yang lebih kecil.

Kuncinya, hindari makanan tinggi lemak dan tinggi kalori. Pastikan Anda selalu sarapan dengan makanan tinggi protein dan serat sehingga Anda bisa kenyang sampai siang hari.

  • Kurangi gula dan garam


Sekarang selain mengatur porsi menu, Anda juga harus lebih bijak untuk membatasi konsumsi garam, gula, lemak trans, dan minyak, ya! Banyak orang sering meremehkan cara diet sehat yang satu ini.
Padahal, mengurangi porsi gula, garam, minyak, dan lemak adalah salah satu kunci kesuksesan diet sehat yang juga menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak juga tinggi kalori sehingga berdampak buruk bagi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi adalah awal dari berbagai masalah kesehatan, mulai dari kenaikan berat badan, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

Kementerian Kesehatan Indonesia merekomendasikan agar kami membatasi porsi gula, garam dan lemak dengan prinsip G4G1L5 untuk membuatnya lebih mudah diingat.  Panduannya adalah 4 sendok makan gula per hari, 1 sendok teh garam per hari, dan 5 sendok makan lemak / hari.

Sebagai langkah mengurangi gula, Anda bisa mengganti gula pasir atau gula murni dengan pemanis rendah kalori. Pemanis alternatif cenderung lebih aman untuk kadar gula darah Anda.

  • Jadikan olahraga sebagai kebutuhan


Olahraga adalah diet sehat yang paling mudah untuk Anda lakukan. Menyesuaikan porsi makanan saja tidak akan berhasil menurunkan berat badan jika tidak disertai dengan olahraga teratur. Pasalnya, tubuh Anda masih perlu membakar kalori ekstra yang masuk ke tubuh, sekaligus membentuk otot. Kalau bukan dengan olahraga, dengan cara apa lagi lemak tubuh bisa dihilangkan?

Jadi, mulailah membiasakan diri untuk olahraga secara rutin setidaknya 30 menit tiap hari. Nah, untuk memulainya, Anda bisa kok berjalan-jalan santai atau jogging selama 30 menit di area rumah.  Mulai sekarang jadikan olahraga sebagai kebutuhan, bukan lagi kewajiban.

  • Jauhi kebiasaan buruk


Selain mengatur pola makan dan olahraga rutin, rencana diet Anda akan bekerja lebih baik jika Anda juga menerapkan gaya hidup sehat secara keseluruhan. Apa saja pola hidup yang baik itu?

Ada berbagai cara dapat Anda lakukan. Misalnya, cukup tidur 7-8 jam per malam, sebisa mungkin hindari lembur dan begadang. Lalu, hindari mengonsumsi alkohol dan jangan merokok. Hal-hal ini akan membantu diet sehat Anda berjalan dengan mudah.  Agen BandarQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar


0 komentar:

Posting Komentar