Crownqq

Rabu, 29 Juli 2020

Jangan Dipendam dan Jangan Ditahan, Ini Cara Tepat Melampiaskan Amarah


CrownQQ - Melampiaskan amarah kerap dianggap sebagai hal yang tidak baik. Hampir tidak ada orang yang mau dicap sebagai “tukang marah-marah”. Namun tahukah kamu, ternyata tidak ada salahnya untuk sesekali melampiaskan amarah, tetapi tentu saja hal ini sebaiknya tidak dilakukan sembarangan. Penting mengetahui cara yang tepat untuk melampiaskan amarah.

BACA JUGA :  Panduan Untuk Berhenti Mencintai Dia

Marah adalah hal yang normal, bahkan bisa menjadi hal yang menyehatkan jika dilakukan dengan cara yang tepat. Melampiaskan rasa marah bisa membuat seseorang merasa lebih lega, serta memotivasi agar lebih cermat dalam melakukan suatu tindakan. Hal ini juga bisa membuat seseorang memiliki kontrol diri yang lebih baik. Marah tidak selalu harus dilakukan dengan berteriak sambil mengeluarkan kata-kata kasar. Biar lebih jelas, simak beberapa tips untuk melampiaskan amarah dengan cara yang tepat di bawah ini!

Cara Sehat Melampiaskan Amarah

Meluapkan amarah baiknya ditujukan untuk menyampaikan hal yang dirasa kurang tepat serta dilakukan untuk memperbaiki keadaan atau hubungan. Sebaliknya, menahan amarah malah bisa menyebabkan peningkatan hormon stres, yaitu adrenalin dan kortisol. Peningkatan hormon ini bisa memicu gangguan kesehatan, seperti meningkatkan risiko infeksi, penyakit kardiovaskular, serta gangguan mental, misalnya depresi.

Melampiaskan amarah sembarangan bisa melukai perasaan orang lain, tetapi menahannya justru bisa menyakiti diri sendiri. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara yang baik dalam melampiaskan amarah. Hal ini juga perlu dilakukan untuk menghindari dampak negatif yang muncul setelah meluapkan amarah. Berikut beberapa cara yang baik untuk melampiaskan rasa marah:

  • Menangis


Menangis bisa menjadi salah satu pelampiasan emosi terbaik. Meski dengan menangis tidak akan menyelesaikan masalah yang ada, namun setidaknya menangis akan sedikit meringankan beban dan emosi yang dirasakan.

  • Memukul Benda 


Saat sedang merasa sangat marah, banyak orang yang terdorong untuk melampiaskannya melalui sebuah pukulan. Boleh saja, tetapi pastikan kamu memilih sasaran yang aman dan tidak akan berbalik melukai diri sendiri. Selain itu, jangan pernah berpikir untuk memukul orang lain saat sedang merasa marah. Jika kamu sering berolahraga, cobalah untuk bermain tenis, badminton, atau basket saat sedang marah. Kamu bisa menyalurkan amarah dengan melakukan hal yang menyehatkan, yaitu berolahraga.

  • Mendengarkan musik


Mendengarkan musik juga bisa menjadi salah satu alternatif positif untuk meluapkan dan meredam emosi. Apalagi jika mendengarkan musik dengan genre keras seperi musik rock atau metal, dijamin perasaan emosimu perlahan-lahan akan mulai berkurang.

  • Jalan-jalan


Jalan-jalan atau pergilah ke mana pun tempat yang kamu inginkan saat kamu sedang emosi. Bukan bermaksud untuk lari dari masalah, namun jalan-jalan biasanya dimaksudkan untuk mencari udara segar untuk bisa sejenak melupakan masalah dan perasaan marah yang sedang dirasakan.

  • Tidur


Ketika kamu sedang emosi atau marah, kamu bisa menenangkan dirimu sendiri terlebih dahulu, barulah kemudian kamu bisa tidur sejenak untuk melupakan masalah yang ada. Tidur biasanya akan membuat perasaanmu menjadi lebih relaks.


  • Olahraga


Olahraga bisa menjadi salah satu kegiatan paling positif yang bisa kamu lakukan untuk meredam emosi. Ketika mulai merasa kesal dan ingin melampiaskannya dengan marah-marah, kamu bisa segera pergi keluar untuk sekadar lari-lari kecil hingga kamu merasa lelah dan tidak ada lagi tenaga dan keinginan untuk marah.

  • Tuliskan 


Tak jarang, seseorang merasa kesulitan untuk melampiaskan rasa marah secara langsung, entah karena tidak sanggup atau merasa tidak bisa melakukannya. Jika itu yang terjadi, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang dirasa mengganggu pada sebuah kertas, bukan menahannya. Tuliskan semua hal yang sedang dirasakan serta yang sedang mengganggu. Kalau memungkinkan, kamu bisa mengirimkan atau menyampaikan surat tersebut pada orang yang bersangkutan, sehingga masalah bisa diselesaikan dengan baik.

  • Bicarakan 


Sangat wajar untuk merasa marah dan kecewa, tetapi sebaiknya hal itu tidak dipendam sendirian. Cobalah untuk menerjemahkan perasaan yang tengah dialami, kemudian ceritakan hal tersebut pada seseorang, misalnya pada teman atau orangtua. Namun, pastikan untuk memberi waktu sebelum membicarakan hal yang mengganggu dengan orang yang membuat marah. Sebab, hal ini bisa saja akan memicu kemarahan semakin memuncak yang pada akhirnya menyebabkan masalah menjadi lebih rumit. Setelah merasa tenang, baru bicarakan masalah dan temukan solusi.

  • Lakukan Hobi 


Jika tidak memiliki teman bicara, kamu bisa melampiaskan amarah dengan melakukan hobi, seperti bernyanyi, menari, atau menggambar. Nyatanya, melakukan aktivitas yang menyenangkan bisa membantu mengembalikan mood dan menghilangkan emosi negatif yang tengah dirasakan.

Selain itu, ketika sedang merasa emosi dan stres, hormon kortisol di dalam tubuh pun juga akan mengalami peningkatan, sehingga akan membuat nafsu makanmu bertambah. Nafsu makan yang bertambah inilah yang nantinya akan membuatmu kesulitan untuk mengatur pola makan, sehingga bisa membuat kesehatan tubuhmu menjadi buruk

Salah satu cara untuk mengatasinya, yaitu dengan olahraga. Olahraga bisa menjadi salah satu pengalihan terbaik yang akan membuatmu menjadi tidak fokus pada makanan saat sedang merasa emosi akibat peningkatan hormon kortisol tersebut.

Nah, itu dia beberapa hal positif yang bisa kamu lakukan untuk meredakan perasaan emosi yang sedang dirasakan. Cukup mudah untuk dilakukan, bukan? Agen BandarQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

0 komentar:

Posting Komentar