Crownqq

Senin, 20 Februari 2023

Kisah Hidup Pablo Escobar Gembong Narkoba Terkaya Dan Tersadis Di Dunia



 Pablo Escobar dijuluki 'Raja Kokain'. Dia menjadi penjahat terkaya di dunia. Untuk memahami betapa kuatnya dia, orang harus tahu bahwa pada 1980-an dan awal 1990-an, kartel narkobanya memonopoli perdagangan kokain di AS.


Kartelnya bertanggung jawab atas 80 persen pasar kokain di seluruh dunia. Sayangnya, tidak ada informasi yang jelas tentang berapa banyak uang yang dia miliki. Namun, menurut Business Insider, kekayaan Escobar diperkirakan lebih tinggi dari USD 30 miliar.


Dikutip The Richest, Jumat (12/11), dia sangat kaya sehingga Forbes memasukkannya ke dalam daftar sepuluh orang terkaya di dunia. Bahkan dia tercatat menghabiskan uangnya sebanyak USD 430 juta per minggu atau sekitar Rp 6,1 miliar dengan asumsi kurs Rp14.300 per USD.


Awal Mula Aktivitas Kriminal

Awal mula Escobar memulai aktivitas kriminal di masa remajanya. Dia menjual ijazah palsu, memalsukan rapor sebelum menjual peralatan stereo, mencuri batu nisan untuk dijual kembali. Kemudian, dia mencuri mobil, yang menyebabkan penangkapan pertamanya pada tahun 1974. Namun, itu tidak menghentikannya.



Dia terlibat dalam 'Perang Marlboro', di mana dia membuat namanya terkenal di pasar rokok selundupan Kolombia. Pengalaman ini membantunya menjadi penyelundup narkoba yang mapan. Pada pertengahan 1970-an, ia menemukan organisasi kejahatan yang akhirnya menjadi kartel Medellín.


Kartel Medellin dioperasikan dari tahun 1972 hingga 1993, kartel adalah organisasi kriminal tipe teroris yang sangat kuat di Medellín, Kolombia. Mereka mulai sebagai jaringan penyelundupan, yang akhirnya beralih ke perdagangan kokain di Bolivia, Kolombia, Peru, Amerika Tengah, Bahama, Amerika Serikat, dan Kanada.

BACA JUGA : KEKEJAMANAN SOSOK BOS KARTEL

Kartel Medellín menyelundupkan berton-ton kokain yang menghasilkan USD 420 seminggu. Dikatakan bahwa kartel menyelundupkan lebih dari lima belas ton kokain setiap hari. Kokain melampaui kopi yang dianggap nomor satu di ekspor Kolombia.


Namun, kartel tidak hanya terlibat dalam perdagangan narkotika. Mereka dikenal menggunakan kekerasan untuk tujuan politik dan melakukan perang asimetris melawan pemerintah Kolombia. Mereka melakukan pengeboman, pembunuhan, dan penculikan.


Tidak ada informasi yang jelas tentang berapa banyak orang yang terbunuh, tetapi beberapa sumber menulis bahwa hingga empat ribu. Kekayaan Saat kartel Medellín menghasilkan banyak uang, pemimpinnya menjadi sangat kaya

Akhirnya, Forbes memasukkan Escobar ke dalam daftar orang terkaya di dunia selama tujuh tahun. Dia memiliki pesawat pribadi, rumah mewah, dan bahkan penjara. Dia punya banyak uang, jadi dia harus menyimpannya di gudang dan ladang - tidak mungkin membelanjakannya.


La Catedral, penjara, dibangun karena pejabat Kolombia mengizinkan dia untuk memiliki sebagai ganti menyerahkan diri kepada mereka pada tahun 1991. Fasilitas itu termasuk klub malam, air terjun, lapangan sepak bola, dan sauna. Kepemilikan lain yang dimiliki Escobar adalah Hacienda Nápoles, yang sekarang menjadi objek wisata.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Itu adalah perkebunan mewah yang mencakup kebun binatang lengkap, lapangan tenis, taman patung, lapangan sepak bola, koleksi mobil tua dan mewah yang luas. Selain itu, ia memiliki bandara pribadi, trek balap kart, danau buatan, dan bahkan arena adu banteng. Saat ini, perkebunan tersebut dimiliki oleh pemerintah Kolombia.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Setelah kematian Escobar, hewan-hewan itu dipindahkan ke kebun binatang lain, kecuali empat kuda nil yang akhirnya berlipat ganda menjadi empat puluh pada 2016. Mereka merusak peternakan dan menakuti penduduk setempat. Akibatnya, pihak berwenang Kolombia menemukan solusi dengan mengebiri kuda nil jantan untuk mengontrol populasi mereka.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Pablo Escobar menjadi orang kaya dan berpengaruh di Kolombia, tetapi dia memiliki lebih banyak ambisi untuk dicapai. Escobar dalam beberapa hal adalah seorang dermawan. Dia memperluas program sosial untuk orang miskin, membangun rumah sakit, stadion, dan bahkan mensponsori tim sepak bola lokal.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Hal ini menyebabkan dia terpilih untuk kursi alternatif di Kongres Kolombia pada tahun 1982. Beberapa sumber mengklaim dia bermimpi menjadi presiden. Namun dia terpaksa mengundurkan diri karena aktivitas kriminalnya.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Orang yang menyebabkan itu, tidak mengejutkan, dibunuh. Disebutkan di atas bahwa Pablo Escobar dipenjarakan di penjara pribadinya. Dia bisa hidup lebih lama, tetapi pihak berwenang Kolombia harus bertindak ketika mereka mengetahui tentang dua anggota kartel yang disiksa dan dibunuh. Namun Escobar mencoba kabur.

AGEN DOMINO 99 TERBAIK DAN TERPERCAYA DI ASIA 

Pada tahun 1993, pihak berwenang Kolombia, bersama dengan pejabat AS dan pengedar narkoba saingan, menyerbu gedung tempat dia menyembunyikannya dan menembaknya di atap, di mana dia tidak berhasil melarikan diri dan akhirnya pun di tembak mati.

Lanjut Part 2







.





0 komentar:

Posting Komentar