Crownqq

Minggu, 27 September 2020

Cara Mengatasi Trauma yang Penting Diketahui

CrownQQ - Trauma psikologis biasa menimpa seseorang yang pernah mengalami kejadian yang sangat menyedihkan, menakutkan, atau mengancam nyawa. Trauma psikologis kadang bisa pulih dengan sendirinya seiring waktu. Namun jika tidak, berikut beberapa cara mengatasi trauma agar hidup bisa terus berjalan.

Seseorang yang mengalami peristiwa traumatis biasanya mengalami shock, ketakutan, kesedihan, dan kecemasan yang berkepanjangan. Reaksi setiap orang akan berbeda ketika dihadapkan pada peristiwa traumatis, meskipun hal yang dialami serupa.

BACA JUGA :  6 Tips Jitu Menaklukkan Hati Wanita Idaman

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

Beberapa orang merespons hal ini dengan baik, tetapi beberapa menyebabkan gangguan psikologis, seperti depresi, pikiran paranoid, serangan panik, dan gangguan stres pasca trauma (PTSD).

Oleh karena itu, masyarakat yang mengalami peristiwa traumatis disarankan untuk berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog, agar kejadian tersebut tidak meninggalkan trauma psikologis yang dalam.

Cara Mengatasi Trauma Psikologis

Reaksi masing-masing orang terhadap trauma psikologis berbeda-beda. Ada yang dapat membaik dengan sendirinya, ada pula yang menetap hingga waktu lama. Jika dibiarkan, trauma dapat mengganggu kehidupan Anda. Jika Anda mengalami masalah psikologis seperti ini, berikut beberapa cara mengatasi atau menghilangkan trauma yang bisa Anda lakukan:

  • Fokus pada hal penting

Ketika berhadapan dengan trauma psikologis, fokuslah pada apa yang benar-benar perlu dilakukan dalam keseharian, sehingga Anda dapat menghemat energi fisik dan emosional.

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

  • Kembali ke rutinitas dan mengurus diri sendiri

Konsumsi makanan yang sehat, cukup tidur, berolahraga secara teratur, dan melakukan berbagai hal lain untuk menjaga tubuh Anda berfungsi dengan baik. Selain itu, cobalah melakukan hal-hal yang Anda sukai, untuk menghilangkan stres. Menjadi aktif dapat membantu mengalihkan pikiran Anda dan mengatasi trauma.

  • Tenangkan diri dengan menarik napas

Ketika cemas, stres, marah atau gelisah muncul, cobalah tarik napas dalam-dalam beberapa kali agar Anda dapat berpikir jernih dan menjadi lebih tenang. Anda juga bisa mencoba meditasi untuk membantu menenangkan pikiran.

  • Jangan ambil keputusan besar

Hindari mengambil keputusan besar dalam hidup ketika emosi Anda masih tinggi dan tidak stabil. Tunggu sampai semuanya reda, sehingga Anda dapat berpikir lebih rasional. Domino99 Online Terbesar

  • Tidak menyalahkan diri sendiri

Rasa bersalah, malu, marah, kecewa, sedih, dan mengasihani diri sendiri secara berkepanjangan, justru akan menjadi penyakit bagi diri sendiri. Menerima apa yang terjadi dapat mempermudah pemulihan dari trauma.

  • Cari bantuan untuk pemulihan

Jika Anda tidak bisa mengatasi trauma sendirian, dapatkan bantuan. Anda dapat berbicara dengan teman atau keluarga, berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater, atau pergi ke organisasi komunitas yang mengkhususkan diri dalam konsultasi khusus untuk penderita trauma.

Intinya trauma akan menimbulkan berbagai perasaan yang tidak menyenangkan. Hal tersebut memang wajar terjadi. Namun, segera lakukan berbagai cara untuk menghadapi trauma yang pernah Anda alami, agar Anda tidak selalu dihantui peristiwa masa lalu. Biarkan masa-masa menyedihkan itu berlalu dan jangan izinkan dampak buruk dari kejadian tersebut merusak masa depan Anda.

Jika setelah mengalami peristiwa traumatis, Anda merasa sulit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, sulit berkonsentrasi, sulit tidur, mengalami perubahan mood yang drastis seperti depresi, memiliki pikiran untuk bunuh diri, atau merasa cemas berlebihan, maka sudah saatnya berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog. Agen BandarQ

CrownQQ Agen DominoQQ BandarQ dan Domino99 Online Terbesar

0 komentar:

Posting Komentar